Cireboner - Ciremai Weekend Adventures - Ojek Wisata Cirebon - Ojek Wisata Kuningan - Souvenir Khas Cirebon - Souvenir Asli Cirebon - Ngebolang ke Cirebon
Have question?
News
  • sewa tenda cirebon

    Untuk mengakomodasi kebutuhan para outdoor bolanger yang pengen praktis dan ekonomis dalam penyediaan alat-alat camping, maka cireboner.com bekerjasama dengan Cirebon Power Rider, memberikan solusi dengan menyewakan alat kelengkapan camping download pricelist

  • Korban pertama Green Canyon Majalengka

    Adapun identitas dalam buku masuk pengunjung di pos kedua objek wisata Gua Lalay, ke-13 mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah itu antara lain, Amar 19, Ciputat, Tanggerang Se latan; Faujan, 22, (Pamulang); Ahmed, 20, (Pamulang); Kelaudia, 21, (Ciputat); Regina, 19, (Tanjung Priok); Fitri, 19, (Ciputat); Adjim, 21, (Pondok Cabe); Syla, 19, (Curug, Bogor); Ewa 19, (Bintaro); Ratri, 18, (Gunung Putri, Bogor); Ulfa, 18, (Ciputat); Vidya, 18, (Pamulang), dan Dodo, 19, Ligung Lor, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka.

  • Stasiun Kejaksan Cirebon

Visits:
Today: 19All time: 172149

CSC 2.0

  • cireboner study club
    cireboner study club

CSC 2.0 - Cireboner Study Club 2.0

Latar Belakang

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia , terlebih bagi mereka yang masih diusia sekolah, karena dengan pendidikan, mereka akan bersosialisasi, bermasyarakat, dan berkompetisi dengan benar dalam banyak hal.

Meski pemerintah terus mengupayakan konsep, metode, dan kurikulum demi pemerataan kualitas dan fasilitas pendidikan di Indonesia, menambah nominal anggaran demi pemerataan Pendidikan, tetapi kesenjangan tersebut masih begitu berasa, adanya sekolah favorite dan non favorite, swasta dan negeri, berbasis agama dan umum, menjadi perbedaan yang secara tidak langsung dipahami sebagai perbedaan kualitas dan fasilitas.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat menjadi seperti tidak terkejar oleh sebagian besar masyarakat, karena kesenjangan social menjadi root cause kenapa pendidikan tersebut masih dirasa terlalu mahal.

Ada banyak komunitas di Cirebon, baik itu yang berbasis hobi maupun kesamaan visi dan pada umumnya selalu ada kegiatan social yang menjadi salah satu agendanya, artinya selalu ada orang baik yang berkomitmen dalam kegiatan social kemanusiaan di setiap komunitas tersebut.

Karena itulah, CSC 2.0 mencoba ambil bagian dalam membantu menginisiasi sebuah program sosial yang dalam hal ini pendidikan non formal gratis dari komunitas untuk mereka yang tidak mampu menjangkau fasilitas pendidikan yang semakin mahal tersebut, meski kecil, tetapi ada harapan besar bahwa program ini menginspirasi teman-teman dari komunitas lain, untuk melakukan gerakan yang sama dengan berbagi ilmu dan keahlian.

Apa itu CSC 2.0 ?

Adalah sebuah program charity berbasis komunitas yang di inisiasi oleh cireboner.com dengan sinergi volunteer lintas komunitas, praktisi professional di Cirebon dan sekitarnya, dimana bidang pendidikan menjadi concern utamanya.

CSC 2.0 bukanlah bagian dari kurikulum pendidikan formal, tetapi lebih kepada kelompok belajar yang materi utamanya adalah pengenalan teknologi computer dan aplikasi office, multimedia, jaringan, dan juga Bahasa pemrograman yang popular dipakai dalam dunia pendidikan dan professional.

Dalam proses pengembangannya CSC 2.0 juga akan menyertakan materi pengetahuan, ketrampilan dan keahlian khusus seperti Budidaya tanaman, peternakan, seni, baik seni tradisional, religi, maupun kontemporer, juga keahlian dasar wirausaha seperti sablon, membatik, hastakarya, lukis, ukir, dan lain sebagainya.

Bahkan pengetahuan ataupun keahlian positif apapun akan menjadi materi yang dibagi dan disampaikan secara professional oleh praktisi dibidangnya, karena pada dasarnya CSC 2.0 hanyalah konsep fasilitator berbaginya praktisi profesional kepada masyarakat.

Dimana?

CSC 2.0 Merupakan program awal dari CSC versi lanjut yang secara periodic berpindah dari satu tempat ke tempat lain di Cirebon, yang kemudian kita sebut sebagai basecamp CSC 2.0 dengan menghadirkan lab jaringan computer sebagai fasilitas utamanya, juga berbagai kelengkapan penunjang lain untuk materi-materi diluar computer dan jaringan.

Untuk tahun 2020 ini, CSC 2.0 dimulai dari Yayasan Darussalaf Blok Dongkol Desa Asem Lemahabang Cirebon

Berapa lama?

Setiap basecamp CSC 2.0 berlangsung selama 6 bulan dan bisa diperpanjang sesuai kebutuhan.

Kapan ?

CSC 2.0 Dimulai bulan February 2020, dan karena berbasis komunitas, maka sabtu dan minggu menjadi pilihan hari yang disepakati, dengan durasi waktu menyesuaikan kesiapan dan kesediaan dari peserta dimana CSC tersebut berlangsung

Untuk saat ini di Yayasan Darussalaf durasi waktu yang dialokasikan adalah 90 menit x2 pada setiap pertemuannya di sabtu dan Minggu, dimulai dari jam 13:00 sampai jam 16:00, fleksibel dan dinamis menyesuaikan situasi dan kondisi dari peserta juga kebijakan dari pengurus yayasan.

CSC 2.0 di Yayasan Darusaalaf akan berakhir pada bulan Agustus 2020, jika tanpa perpanjangan.

Siapa?

Peserta program CSC 2.0 ini adalah generasi usia sekolah dari SD sampai SMU, juga terbuka untuk masyarakat umum karena pada dasarnya CSC 2.0 adalah kelompok belajar baik untuk pematerinya maupun untuk pesertanya.

Untuk saat ini di Yayasan Darussalaf pesertanya masih santri-santriwati dari yayasan pesantren Darussalaf itu sendiri, dan terbuka untuk masyarakat umum disekitar yayasan Darussalaf berada, menyesuaikan fasilitas yang ada.

Pengajar ataupun pemateri, adalah relawan / volunteer dari komunitas maupun professional yang berada di Cirebon dan sekitarnya.

Berapa Biayanya?

CSC 2.0 adalah charity program, sehingga tidak ada biaya yang harus dibayar peserta untuk mengikuti program ini.

Jumlah peserta tidak terbatas, dan menyesuaikan fasilitas yang ada.

Pendanaan program ini didukung penuh oleh cireboner.com selaku inisiator Bersama dengan komunitas dan individu yang berkomitment untuk beramal kebaikan dengan waktu, tenaga, biaya, ilmu, dan lain sebagainya untuk program CSC 2.0 ini.

Apa target pencapaian dari CSC 2.0

Untuk usia sekolah dasar, CSC 2.0 menargetkan untUk pengenalan dan pemahaman bahwa belajar itu menyenangkan, mengurangi ketergantungan dan kecanduan pada gajet yang m engganggu proses belajarnya, juga memahami dasar-dasar penggunaan Ms. Office untuk menunjang tugas-tugas sekolahnya.

Untuk kelas lanjutannya CSC 2.0 menargetkan peserta mampu mengusai dan mandiri mengembangkan keahliannya dalam menggunakan Ms. Office sebagai kegiatan produktif, begitu pula untuk Jaringan computer, peserta dipandu untuk mampu mengenali piranti-piranti pendukung sebuah jaringan, memahami kebutuhan dasar sebuah jaringan, mampu melakukan instalasi, konfigurasi, dan menyelesaikan masalah yang umum terjadi pada sebuah jaringan.

Bisa dan mampu menggunakan aplikasi selain Ms . Office standard seperti Powerpoint, Photoshop, Corel Draw, maupun aplikasi-aplikasi lain yang popular digunakan untuk profesional.

Dan yang paling penting, target CSC 2.0 ini adalah, Menginspirasi, bahwa kepedulian terhadap pendidikan merupakan langkah penting untuk menyiapkan generasi yang mandiri, maju dan positif, sehingga muncul gerakan-gerakan peduli pendidikan gratis dan murah lainnya, dimana akan sangat membantu mereka yang tidak menjangkau fasilitas tersebut.

Untuk saat ini, mungkin masih berlangsung di satu tempat, akan tetapi dalam pengembangannya CSC 2.0 akan parallel dengan beberapa tempat lain sehingga kelompok belajar dengan konsep CSC 2.0 ini semakin menjangkau masyarakat usia sekolah di seluruh pelosok Cirebon.

Donasi dan korespondensi

csc@cireboner.com

081336695780

 

Dokumentasi CSC 2.0

Facebook
PRchecker.info