Cireboner - Ciremai Weekend Adventures - Ojek Wisata Cirebon - Ojek Wisata Kuningan - Souvenir Khas Cirebon - Souvenir Asli Cirebon - Ngebolang ke Cirebon
Have question?
News
  • sewa tenda cirebon

    Untuk mengakomodasi kebutuhan para outdoor bolanger yang pengen praktis dan ekonomis dalam penyediaan alat-alat camping, maka cireboner.com bekerjasama dengan Cirebon Power Rider, memberikan solusi dengan menyewakan alat kelengkapan camping download pricelist

  • Korban pertama Green Canyon Majalengka

    Adapun identitas dalam buku masuk pengunjung di pos kedua objek wisata Gua Lalay, ke-13 mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah itu antara lain, Amar 19, Ciputat, Tanggerang Se latan; Faujan, 22, (Pamulang); Ahmed, 20, (Pamulang); Kelaudia, 21, (Ciputat); Regina, 19, (Tanjung Priok); Fitri, 19, (Ciputat); Adjim, 21, (Pondok Cabe); Syla, 19, (Curug, Bogor); Ewa 19, (Bintaro); Ratri, 18, (Gunung Putri, Bogor); Ulfa, 18, (Ciputat); Vidya, 18, (Pamulang), dan Dodo, 19, Ligung Lor, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka.

  • Stasiun Kejaksan Cirebon

Visits:
Today: 46All time: 115427

Taman Cisantana - Geoparknya Kuningan

Bolanger Notes » Taman Cisantana - Geoparknya Kuningan

Mungkin judulnya agak berlebihan, tetapi karena keterbatasan pengetahuan tentang apa saja parameter sebuah kondisi lokasi sehingga layak disebut geopark atau hanya sebuah taman, tetapi itulah yang sudah terlanjur beredar dan viral di sosial media bahwa taman Cisantana adalah sebuah geopark!.

Secara definisi sederhana, Cisantana hanyalah sebuah area yang menjadi menarik karena kombinasi dari sebuah tebing batu, gazebo, dan desain taman bunga yang berada di bawah tebing batu tersebut, plus posisinya yang berada di ketinggian sejuk dan sering berkabut.

Geopark Cisantana, sesuai namanya berada di desa Cisantana kabupaten Kuningan, masih sejalur dengan arah ke Pos pendakian gunung Ciremai jalur Palutungan, sebelah kiri jalan dengan gerbang masuk berupa gapura dengan banner gede bertuliskan Taman Cisantana.

Tak lebih dari 200 meter dari jalan utama, kamu akan menjumpai sebuah gerbang masuk taman Cisantana tersebut, sebuah loket karcis juga sudah tersediakan lengkap dengan petugasnya, untuk harga tiket masuknya kamu cukup membayar rp 5000 rupiah dan ongkos parkir untuk motor 2000 sedang untuk mobil 5000 rupiah.

Saat itu ketika aku berkunjung kesana terlihat area parkir masih bersifat sementara, dan pembangunan serta pengembangan terus berlangsung, bunga yang ditanam dengan baris sedemikian rupa juga masih belum tumbuh optimal, begitu juga rumput, dan fasilitas lainnya.

Untuk toilet dan tempat ibadah sudah tersedia dengan baik, begitupun jika kamu pengen nongkrong nguliner disana, terdapat setidaknya 4 lapak permanen berupa kios yang akan menjadi pilihan tepat ketika perutmu mulai keroncongan.

Untuk urusan menu dan selera tidak usah khawatir, karena dukungan cuaca sejuk dan semilir kabut akan memaksimalkan laparmu.

Point utama yang menjadi andalan dari Taman Cisantana adalah view tebing batu dan desain taman bunganya, dan karena kekuatan media sosial begitu dahsyat maka kepiawaian potographer dalam memilih angle yang tepat, akan menjadikan selfi kamu sangat instagramable banget.

Jika flashback ke belakang, maka lokasi tersebut hanyalah sebuah bekas galian, atau penambangan batu, dimana kemudian kerukannya membentuk sebuah tebing batu yang menjulang dan eksotis bila diselimuti kabut tipis dan kontras dengan desain taman yang dibangun tepat dibawahnya.

Sangat dihimbau untuk berhati-hati ketika kamu pengen naek ke atas tebing batu, karena memang masih dalam pengembangan dan baru, maka keamanan belum maksimal diterapkan, tidak adanya pagar pembatas di tepi tebing batu dan lebatnya rumput menyamarkan batasan aman tepian tebing, sangat berbahaya, karena potensi tergelincir menjadi besar ketika sambil berpoto bersama biasanya sambil bercanda.

Dari hasil obrolan dengan petugas, yang merupakan bagian dari kompepar kabupaten Kuningan, menginformasikan bahwa nantinya akan dibangun beberapa gazebo lagi dan juga camping ground di area atas tebing tersebut, sehingga view akan menjadi semakin menarik karena sisi lain dari lokasi tersebut merupakan lembahan yang hijau bergurat kabut tipis.

Ayoo berkunjung ke Geopark Cisantana Kuningan

Facebook
PRchecker.info