Cireboner - Ciremai Weekend Adventures - Ojek Wisata Cirebon - Ojek Wisata Kuningan - Souvenir Khas Cirebon - Souvenir Asli Cirebon - Ngebolang ke Cirebon
Have question?
News
  • sewa tenda cirebon

    Untuk mengakomodasi kebutuhan para outdoor bolanger yang pengen praktis dan ekonomis dalam penyediaan alat-alat camping, maka cireboner.com bekerjasama dengan Cirebon Power Rider, memberikan solusi dengan menyewakan alat kelengkapan camping download pricelist

  • Korban pertama Green Canyon Majalengka

    Adapun identitas dalam buku masuk pengunjung di pos kedua objek wisata Gua Lalay, ke-13 mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah itu antara lain, Amar 19, Ciputat, Tanggerang Se latan; Faujan, 22, (Pamulang); Ahmed, 20, (Pamulang); Kelaudia, 21, (Ciputat); Regina, 19, (Tanjung Priok); Fitri, 19, (Ciputat); Adjim, 21, (Pondok Cabe); Syla, 19, (Curug, Bogor); Ewa 19, (Bintaro); Ratri, 18, (Gunung Putri, Bogor); Ulfa, 18, (Ciputat); Vidya, 18, (Pamulang), dan Dodo, 19, Ligung Lor, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka.

  • Stasiun Kejaksan Cirebon

Visits:
Today: 36All time: 124413

Setu Patok

Wisata cirebon » Setu Patok

  • Setu Patok Cirebon
    Setu Patok Cirebon
  • Setu Patok Cirebon
    Setu Patok Cirebon
  • Setu Patok Cirebon
    Setu Patok Cirebon
  • Setu Patok Cirebon
    Setu Patok Cirebon

Aku menyebutnya danau toba-nya Cirebon, yup pulau yang ada ditengah danau itulah alasan kenapa kami menyebutnya begitu.

Mungkin sudah banyak yang menulis tentang obyek wisata Setu Patok ini, namun mungkin catatan ini bisa melengkapi referensinya.

Hingga saat ini, sudah berulang kali kami mengunjungi satu-satunya setu atau danau di Cirebon yang memiliki pulau ditengahnya, dan dari sekian moment tersebut, ada satu yang bener dari ujung ke ujung kami menelusuri indahnya.

Yup saat itu kami sedang survey tentang kemungkinan event meeting 2 tahunan komunitas mailing list diadakan di Cirebon, dan salah satu target yang representative adalah Setu Patok, karena kami nilai sebagai one stop services untuk kebutuhan event komunitas besar dengan konsep wisata alam.

Dari Cirebon

Lokasi Setu Patok cukup jauh dari Stasiun ataupun terminal bus, karena jauh berada di sisi luar kabupaten Cirebon, waktu tempuh dengan motor bisa 25 menitan dari terminal bus Harjamukti Cirebon.

Penanda dari jalan raya Cirebon- tegal adalah gapura batas kota yang berada sekitar 10 meter dari jembatan Mundu, dari situ ada jalan kecil yang menembus perkampungan sebelum akhirnya sampai di setu Patok.

Mungkin petunjuk arah ke Setu Patok akan bertuliskan “ CIWALK SETU PATOK”

Wahana

Saat itu, karena kami berkunjung dengan misi survey, tentu kami kemudian diantar menuju fasilitas-fasilitas yang mereka andalkan. Yup selain danau yang luas membentang dengan sebuah pulau ditengahnya yang hijau sejuk, juga semilir angin yang menebar aroma bumi, juga ada sebuah lokawisata yang bisa dibilang one stop services.

Warkop

Duduk ditepian danau menikmati riak ombak kecil dan semilir angin memang sangat melenakan, terlebih jika disempurnakan dengan cemilan kecil khas Cirebon, dan juga minuman segar ataupun kopi panas … hmmm obrolan dengan teman menjadi semakin seru, yup disekitaran Setu Patok terdapat beberapa warung yang menyediakan kebutuhan cemilan dan minuman pelengkap acara kongkow di tepian Setu Patok.

Perahu

Jika ingin berkeliling ke tengah Setu Patok, maka disana telah tersedia Perahu yang berkapasitas lumayan banyak, lebih dari 8 penumpang sekali angkut.

Pulau

Dengan menaiki perahu tersebut, maka kita bisa mengunjungi daratan yang berada ditengah danau, meski tidak ada “sesuatu” yang unique tetap berada di sana cukup menyenangkan, karena pada saat itu bisa jadi yang lain hanya bisa membayangkan berada ditempat yang saat itu kita berada.

Ciwalk

Tepat berada disebelah Setu Patok, terdapat area yang luas dengan berbagai fasilitas wisatanya, area tersebut dikelola oleh perusahaan property yang mungkin konsep hunian yang mereka jual adalah harmony alam sesuai dengan kondisi yang ada di Setu Patok.

Cottage / Pondok Wisata

Ada banyak cottage yang disewakan disana, dengan berbagai model dan tariff, cukup mengakomodasi untuk keluarga maupun komunitas dan instansi besar.

Kolam Renang

Jika berenang di Setu Patok belum cukup, maka terdapat dua buah kolam renang yang cukup nyaman berada di area ciwalk Setu Patok tersebut, area parker yang luas dan aman, juga adanya ruang serbaguna baik indoor maupun outdoor menjadikan kolam renang tersebut strategis untuk pemanis event2 entertainment.

Berkuda

Terdapat area yang disediakan untuk olehraga berkuda, dan itu cukup seru terlebih jika itu pengalaman pertama, meski kudanya tidak segede kuda2 pacu, tetapi lumayan seru.

Café

Disalah satu sudut area cottage terdapat bangunan lantai dua yang dikonsep menarik dengan ornament klasik yang menjadi sebuah ruang makan sekaligus kafe.

Dengan desain semi indoor dan berdampingan dengan gazebo-gazebo ditengah rimbunnya pohon peneduh, menjadikan event party lebih cozy pastinya jika dihelat ditempat seperti itu.

Lokawisata Setu Patok memang dalam proses pembangunan dan pembenahan, sehingga masih ada terlihat bangunan ataupun wahana yang belum terselesaikan, namun secara umum dan dari pengalaman event-event yang pernah diselenggarakan disana, maka Setu Patok, cukup memadai dan mengakomodasi kebutuhan tersebut… so nature.

Kampung Cobek

Diseberang jauh Setu Patok, terdapat sebuah kampong yang hamper semua halaman rumahnya dijadikan tempat mencetak cobek, yup kampong tersebut adalah sentra industry cobek cetak, kami menemukan tempat itu tanpa sengaja, ketika kami mencari jalur hijau menuju Waduk Dharma.

Pada saat itu aku baru ngeh, bahwa tidak semua cobek batu itu adalah hasil pahatan dari batu kali ataupun batu gunung, tetapi ada yang dicetak sedemikian rupa sehingga menyerupai gesture batu… ckckckc.

Mengunjungi Setu Patok kami sarankan jika anda berada di Cirebon, dan ojek wisata Cireboner siap mengantar anda menuju kesana.

Salam
Cireboner

Facebook
PRchecker.info